Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Malang kembali membuka peluang pendaftaran bagi mahasiswa baru TA. 2014/2015 Program Pendidikan Reguler (4 tahun) Jurusan Penyuluhan Pertanian dan Jurusan Penyuluhan Peternakan bagi Umum dan CPNS/PNS.
Pendaftaran dibagi dalam 2 (dua) gelombang yaitu :
- Gelombang I : dimulai bulan Januari s/d April 2014
- Gelombang II : dimulai bulan Mei s/d Juli 2014




Syarat-Syarat Calon Mahasiswa Baru : 
 1.    Calon Mahasiswa dari Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Negeri Sipil (PNS).
2.    Calon mahasiswa dari Penyuluh Pertanian, Tenaga Teknis Pertanian dan Tenaga Teknis lainnya yang diproyeksikan menjadi Penyuluh Pertanian.
-          Usia/Umur per September 2014, maksimal 37 tahun
3.    Menyerahkan kelengkapan dokumen pendaftaran seperti :
a.    Formulir pendaftaran mahasiswa STPP yang telah diisi dengan lengkap dan benar (Lampiran 2). Formulir pedaftaran calon mahasiswa baru dapat di gandakan.
b.    Foto Copy SK Pangkat/Golongan terakhir, SK Tenaga Fungsional/Tenaga Teknis yang telah dilegalisir.
c.    Foto Copy ijazah terakhir yang telah dilegalisir.
d.    Foto Copy Rapor kelas I, II dan III pada pendidikan ( SMK-SPP/SMK Pertanian/SMU Jurusan IPA ).
e.    Pas foto ukuran 4 x 6 (hitam putih) sebanyak 2 lembar.
f.     Foto Copy DP3 tahun terakhir (Bagi Pegawai Negeri Sipil/PNS).
g.    Surat keterangan Dokter dari Rumah Sakit Pemerintah tentang bebas narkoba, kesehatan jantung, paru-paru, liver dan penyakit menahun lainnya (lampiran 3)
h.    Usulan Calon Mahasiswa Tugas Belajar Dalam Negeri Kementerian form DN3 (lampiran 4).
i.      Surat Perjanjian Tugas Belajar bermeterai Dalam Negeri Rp. 6.000,- Form DN4 (lampiran 5)
j.      Daftar riwayat hidup bagi peserta tugas belajar dengan Form DN-5 (lampiran 6)
k.    Surat rekomendasi untuk mengikuti pendidikan dari atasan langsung /Bupati/Wali Kota/Gubernur  yang bersangkutan.
l.      Melampirkan surat pernyataan bersedia tidak hamil selama mengikuti pendidikan dengan meterai Rp. 6.000,- bagi calon mahasiswa wanita.
m.   Surat Pernyataan Kesanggupan Menjadi Penyuluh Pertanian / Peternakan (Lampiran 7).
n.    Surat pernyataan bersedia untuk tinggal di asrama dan mentaati serta melaksanakan peraturan yang berlaku di STPP selama mengikuti pendidikan, dengan materei Rp. 6.000,- dan diketahui oleh pimpinan instansinya (Lampiran 8).
o.    Surat keterangan/sertifikat prestasi/penghargaan/Diklat yang telah diterima (apabila ada).
4.    Pendaftaran calon mahasiswa dilakukan mulai bulan Januari – Agustus 2014 sesuai dengan wilayah koordinasi oleh masing-masing STPP. Jadwal Pelaksanaan Penerimaan Mahasiswa Baru STPP Tahun Akademik 2014/2015 seperti pada (Lampiran 1).
5.    Seleksi penerimaan dilakukan oleh Tim seleksi STPP Malang meliputi seleksi Administrasi dan Akademik. Kriteria Penilaian Administrasi Calon Mahasiswa Baru STPP dan Wilayah Koordinasi STPP seperti pada (lampiran 9).
6.    Penetapan calon mahasiswa Tahun Akademik 2014/2015 oleh Ketua masing-masing STPP dan diketahui oleh Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian.



Info resmi dapat diakses melalui Website STPP Malang, dan silahkan download informasi lengkap beserta  formulir pendaftaran DISINI

53 komentar:

  1. STPP itu berarti hanya untuk PNS atau CPNS yha ? kalalu siswa yg baru lulus SMA gk bisa dftar dong ...

    BalasHapus
  2. afwan, kak..
    bagaimna dengan clon pendaftar dari pelajar ? apa tidak ada ?

    mohon balasannya !

    BalasHapus
  3. kak, bisa minta tolong dijelaskan dari pendaftaran yang untuk "umum" !
    apa itu di peruntukkan bagi pelajar SMK/SMA sederajat yang baru LULUS ?

    BalasHapus
  4. @Elfi : Kabar baik tahun 2014 ini sdh menerima mahasiswa selalin CPNS/PNS. Jadi mahasiswa umum yg baru tamat SMA sederajat bisa mendaftar.

    BalasHapus
  5. @Chandra: iya benar seperti itu. Bisa baca info selengkapnya di pedoman dan form pendaftaran. Silahkan download di link yang sy berikan diatas. Mksh

    @Rizki: Calon pendaftar dari pelajar? Kalau yg masih sementara belajar ya gak bisa, kecuali sdh tamat SMA atau sederajat. Coba download panduannya. Mksh

    BalasHapus
  6. jika dari umum, setelah selesai pendidikan langsung menjadi pns atau tidak? terima kasih

    BalasHapus
  7. apakah ada progam kerjasama dinas untuk periode 2014-2015 ?

    BalasHapus
  8. @Primarisky: sudah ada lembar pernyataan (berkas pendaftaran) bahwa setelah tamat tidak menuntut untuk diangkat jadi PNS

    @Arnold : Program kerjasama seperti apa maksudnya mas?? Selama ini PNS yg ikut Tugas Belajar hanya mendapatkan Surat Tugas belajar dari Pemda atau instansi asal. Tapi memang ada beberapa daerah yg membuat MoU (semacam kerjasama) terkait rekrutmen calon mahasiswa dimasa mendatang.

    BalasHapus
  9. Yang langsung diangkat jadi PNS syaratnya apa selama pendidikan?

    BalasHapus
  10. @Primarisky: tidak ada persyaratan yg harus dipenuhi, karena memang setelah tamat tidak akan diangkat jadi PNS. Jadi kalau sudah tamat, ya...tinggal ikut test CPNS seperti biasa. Mungkin saja kedepannya akan ada kebijakan dari Kementerian kalau lulusan dari STPP yg belum PNS akan menjadi prioritas. Aamiin....
    Yang membedakan dgn yg perguruan tinggi lain, STPP adalah perguruan tinggi yang dibiayai oleh Kementerian Pertanian artinya biaya selama kuliah ditanggung negara, baik penginapan/asrama, makan, maupun uang lainnya terkait perkuliahan. Bahkan mau pulang kampung tuk PKL pun masih diberikan bantuan transport dan akomodasi lainnya.

    BalasHapus
  11. Silahkan buka disini juga terkait itu : http://tan2012-stppmalang.blogspot.com/2014/05/pendaftaran-mahasiswa-baru-stpp-malang.html

    BalasHapus
  12. Apakah setiap tahun membuka pendaftaran? Saya baru akan lulus tahun 2015. Lalu materi tesnya apa saja?

    BalasHapus
  13. @Primarisky: Insya Allah tahun 2015 masih buka, jadi Anda masih ada peluang untuk ikut. Materi testnya sama seperti di perguruan tinggi lain.

    BalasHapus
  14. kalau sudah dikirim berkas pendaftarannya , pengumumannya kapan dan untuk ujian tertulisnya kapan? mohon dibalas
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Maria: Sudah download file pedoman dan formulirnya? Di file itu sudah jelas pedomannya terkait cara, waktu dan yg lainnya. Linknya sdh ada di bagian akhir tulisan diatas. Atau silahkan buka disini : http://goo.gl/SGEcBH

      Hapus
  15. STPP itu ikatan dinas, dibawah naungan pemerintah apa kementrian ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Okta@ STPP itu bukan ikatan dinas, karena alumni STPP nantinya khusus yg berasal dari umum (Non PNS) tidak akan langsung diangkat jadi PNS. Kecuali yg mahasiswanya berasal dari PNS, ya jelas tetap akan jadi PNS (Penyuluh Pertanian/Peternakan).
      STPP adalah lembaga pemerintah setingkat eselon II dibawah Kementerian Pertanian. Sehingga segala biaya perkuliahan, akomodasi dan konsumsi mahasiswa, semuanya ditanggung oleh Kementerian Pertanian melalui DIPA STPP.
      Makasih.

      Hapus
  16. kira-kira berpa jumlah mahasiswa yg diterima dari masyarakat umum?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Blm bs dipastikan karena kuota seluruh mahasiswa yg diterima seluruhnya 140 orang. Bisa jadi 70 org dari umum dan 70 org PNS. Kalau pendaftar dari PNS kurang jelas akan ditambahkan pada jumlah mahasiswa umum.

      Hapus
  17. dimana bisa didapatkan contoh materi soal yang akan diujikan?

    BalasHapus
  18. @Devina: Tenang aja, soal-soalnya gak sulit kok. hehe.....

    BalasHapus
  19. kalau mendaftar bisa online atau datang langsung ke sstp malang? kalau online bagaimana caranya? terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Vitta@: sebaiknya download aja pedoman dan formulirnya. Klo sdh dilengkapi semua persyaratannya, langsung aja diantar ke STPP Malang atau bisa dikirim via post ke alamat yg sudah tertera di pedoman tsb. Sampai dgn saat ini sdh banyak yg mengirim berkasnya, bahkan ada yg mengantar langsung ke sekretariat. Salam

      Hapus
  20. boleh share materi soal nya gag kak?
    terutama soal penegetahuan umum

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ade i'indrie sdh mendaftar ya?
      Kayaknya gak tuh di saya karena baru kali ini ada testing seperti itu.
      Tapi tenang aja, soal-soalnya pasti gampang kok. :)

      Hapus
  21. iya sya udah daftar lewat pos, tp waktu itu sya pkek skhu sementra karena ijazah saya masih blum keluar. apa nantk tdak jadi maslah ya?

    oh gag ada soal kyak gitu ya?
    lha trus materi soalnya matapelajaran apa aja kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dgn skhu kemungkinan gak masalh. Terkait testing tunggu aja info selanjutnya. Soal-soalnya msh trkait pelajaran umum sprti bhs inggris, bhs indonesia dan matematika.

      Hapus
  22. (Srimuliani Handoyokusumo; Lolos PNS Guru di lingkungan Kemenag Berau)

    Berawal dari keinginan kuat untuk mengikuti test tertulis CPNS yang dilaksanakan oleh PEMDA Berau dimana saya tinggal, saya pun ikut berpartisipasi mengkutinya. Namun sebenarnya bukan sekedar hanya berpartisipasi tapi terlebih saya memang berkeinginan untuk menjadi seorang PNS. Waktu pun terus berjalan, karena tertanggal 5 Desember 2013 yang lalu saya pun mengikuti Test CPNS yang diselenggarakan oleh PEMDA Berau dengan harapan yang maksimal yaitu menjadi seorang PNS. Kini tanggal 18 Desember 2013, pengumuman test kelulusan tertulis itu diumumkan. Dengan sedikit rasa was-was dan bercampur tidak karuan menyelimuti pikiranku. Rasa pesimisku memang timbul, karena pengumuman yang di informasikan adalah tertanggal 11 Desember 2013 namun di undur tanggal 18 Desember 2013. Dengan mengucapkan BISMILLAH, aku pun masuk ke halaman kantor BKD untuk melihat hasil pengumuman test tertulis CPNS. Dan Syukur Alhamdulillah saya pun LULUS diurutan ke 3 dari 1 formasi yang aku ikuti di Kabupaten Berau Kalimantan Timur. Dan berikut peringkat screen shoot yang saya jepret menggunakan Ponsel kesayangku.

    Puji Syukur tak henti-hentinya aku panjatkan ke Hadirat Allah SWT, atas rezeki yang diberikan kepadaku. Semua hasil ini saya ucapkan terimakasih kepada :

    1. ALLAH SWT; karena KepadaNya kita mengemis dan memohon.

    2. Suami dan Anak [DikMa]; Dukungan Do’anya sangat berharga dalam pencapaian saat ini.

    3. Orang Tua, Saudara-saudaraku; Tetap mensupport aku selama 3 bulan terakhir ini, terimakasih Mama, terima kasih Kakak Perempuan ku, terima kasih Kakak Laki-laki ku tak terlepas juga buat teman-temanku terimakasih semuanya.

    4. Terimakasih untuk khususnya Bpk.IR.AGUS SUTIADI M.SI beliau selaku petinggi BKN PUSAT,dan dialah membantu kelulusan saya selama ini,alhamdulillah SK saya tahun ini bisa keluar.anda ingin LULUS seperti saya silahkan anda hubungi nomor bpk IR.AGUS SUTIADI M.SI,0852-3687-2555.

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Srimuliani : selamat Anda sdh menjadi CPNS, semoga kelak menjadi abdi negara yang baik dan amanah. :)

      Hapus
  23. itu kan ada formulir kesehatannya, bagi yang berkaca mata apa masih bisa ikut?
    terima kasih.

    BalasHapus
  24. Selamat siang kak, saya mau bertanya biaya pendaftaran penerimaan mahasiswa baru sekaligus biaya registrasi persemester.Terima Kasih Kak,Mohon infonya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tahun kemarin biaya pendaftaran sebesar Rp. 2.500.000 (biaya seragam 4 pasang + biaya PPA Outbound). Tahun kemaren dan tahun-tahun sebelumnya tdk ada biaya registrasi per semester, karena semua biaya kuliah ditanggung Kementerian Pertanian (GRATIS) termasuk biaya pemondokan (ada asrama) dan konsumsi (makan 3 x sehari di ruang makan/kantin). Jadi mahasiswa hanya bayar diawal sebesar itu aja. Kecuali biaya lain-lain seperti alat tulis, fotocopy untuk kebutuhan tugas-tugas kuliah dibebankan kepada mahasiswa.
      Namun, tahun ini direncanakan penerimaan sebanyak 350 org yg semula hanya 140 orang. Itu jg berpengaruh terhadap pembiayaan. Jadi saat ini aturan penerimaan mahasiswa baru mulai tahun 2015 ini masih digodok di Kementerian Pertanian.
      Kita tunggu aja. :)

      Hapus
  25. Apa tahun 2015 ini akan ada penerimaan mahasiswa baru selalin CPNS/PNS? Seperti Siswa-siswi umum yg baru tamat SMA sederajat yang bisa mendaftar kayak tahun 2014 kemarin... apa masih di buka?

    BalasHapus
  26. Kak, PMB 2015 untuk lulusan SMA kpn ya? Mohon infonya. Terima kasih :)

    BalasHapus
  27. @Ami: Justru tahun 2015 ini kemungkinan besar Mahasiswa Baru dari CPNS/PNS sdh kurang bahkan tdk ada lagi. Jadi akan lebih banyak dari mahasiswa umum SMK/SMU. Dan sdh ada wacana bahwa mahasiswa baru mulai tahun 2015 ini akan diterima sebanyak 350 org dari sebelumnya hanya 140 org.
    @Shinta: mulai bulan Maret biasanya sdh ada pengumuman dari akademik. Jadi tunggu aja ya.

    BalasHapus
  28. ada kriteria tertentu nggak untuk jumlah nlai permapel ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. nilai raport semester I sampai V rata-rata harus 7,50

      Hapus
  29. maaf kak,apakah diterima yang dari MAN ? bukan dari SMA/SMK

    BalasHapus
  30. Untuk informasi pendaftaran calon mahasiswa STPP Malang Tahun 2015, silahkan download disini : http://bit.ly/1CFBaFu

    BalasHapus
  31. Maaf. Kak boleh nanya?

    Kalau mau daftar online kan harus isi formur pendaftarannya lalu di kirim lewat email. Yang saya bingung cuma, apa isi formulirnya harus lengkap semua ya kak? Karena di formulir pendaftaran umum di tanya nilai ijazah sama nilai UN. Sayangnya kedua nilai ini belum keluar nih kak... apa boleh dikososngkan dulu atau tunggu hasil kelulusan baru daftarnya ya?

    Terimakasih.

    BalasHapus
  32. kalau nilai un nya tidak memenuhi persyaratan gmna?

    BalasHapus
  33. @Difa Putri: Kalau nilai UN tdk mencapai nilai yg dipersyaratkan, sudah tentu akan gagal dalam seleksi administrasi.

    BalasHapus
  34. kan ga ada persyaratan nilai un, adanya nilai ijasah kak. eh kalo ijasah blm keluar pas pendaftaran gimana ? jwb please

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah baca semua dokumen terkait pendaftaran mahasiswa baru? Dalam Formulir Pendaftaran (Khusus Umum) kayaknya ada tuh kolom isian Nilai UN maupun Nilai Ijazah. Solusinya bisa ikut tahap ke-2 tanggal 1 Juli - 31 Agustus. Info lebih lanjut bisa langsung kontak ke Sekretariat. No Telepon sdh tercantum di lembar persyaratan.

      Hapus
  35. Assalamu'alaikum..
    kak mau tanya kalau seandainya nilai UN itu tidak memenuhi syarat tetapi nili raport dari semester I sampai V Lebih dari 7,50 apa masih bisa mendaftar???
    mohon jawaban.nya terima kasih :)
    Wassalamu'alaikum ..

    BalasHapus
  36. @Septia Chyrus, klo hanya untuk mendaftar masih bisa kok. Tapi gak ada jaminan bisa lolos seleksi administrasi, selanjutnya ikut test dan bisa menjadi calon mahasiswa.
    Gak apa-apa dikirim aja berkasnya, siapa tahu bisa dipertimbangkan oleh Panitia Pendaftaran.

    BalasHapus
  37. apakah sertifikat yang bagus bisa diprioritaskan di jalur undangan untuk siswa? dan kira kira berapa jumlah pendaftar dan berapa jumalah yang diterima?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baca persyaratan dgn baik. Tidak ada yg menjadi prioritas. Jika memenuhi persyaratan, maka itu yg akan lolos ke tahap berikutnya. Yang bisa ikut testing, hanya yg lolos administrasi. Jumlah pendaftar tdk dibatasi, bisa ratusan, ribuan bahkan ratusan ribu. Sedangkan kuota yang akan diterima menjadi mahasiswa tahun ini kurang lebih 350 orang.

      Hapus
  38. Kak mau tanya apa ada tes2 khusus buat masuk stpp malang gak? kalau iya tesya apa saja mohon dijelaskan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tes2 khusus seperti apa yg dimaksud?. Yang ada cuma test tertulis tentang ilmu pengetahuan umum yang nanti akan dilaksanakan di rayon masing2 seprti yg ada di pengumuman.

      Hapus
  39. kak mau tanya kan tesnya matematika, b ind, b ing dan pengetahuan umum. nah itu yg pengetahuan umum yg seperti apa? matematika nya matematika dasar ato matematika ipa? terimakasih sebelumnya :)

    BalasHapus